KEWIRAUSAHAAN
(
USAHA DIBIDANG MAKANAN & MINUMAN YOGHURT “YOGHURT
SCRUMRY AND MILK YOGHURT ”)
Disusun
Oleh :
NAMA : SHIDIQ CATUR
SAPUTRA
NPM :
36415537
KELAS : 4ID11
DOSEN : IBU YUGIARTI
JURUSAN
TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS
TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS
GUNADARMA
BEKASI
2019
Berwirausaha saat ini
telah menjadi gaya hidup bagi banyak diminati masyarakat.Tingkat keuntungan
yang besar serta fleksibilitas waktu dalam bekerja merupakan hal-halyang
diidamkan banyak orang. Beragam jenis usaha di coba banyak orang seperti pengolahan
susu yang mempunyai peranan sangat penting sekali karena susu segar merupakan
bahan pangan yang mudah sekali mengalami kerusakan, sehingga dengan adanya
proses pengolahan maka daya simpan sisa menjadi lebih panjang. Selain itu
pengolahan juga akan memperbanyak ragam bahan pangan, Salah satu adalah makanan
atau minuman yang difermentasi dan baik bagi kesehatan berupa olahan yoghurt. Yogurt yang selama ini belum begitu populer di masyarakat ternyata dapat dijadikan alternatif jajanan sehat
yang dapat dinikmati semua kalangan. Selain itu yogurt juga merupakan produk
pangan fungsional yang mengandung komponen aktif yang mampu mencegah bahkan
membantu menyembuhkan suatu penyakit tertentu serta untuk mencapai kesehatan
tubuh yang optimal.
Konsumsi Yoghurt di
Indonesia masih terbilang rendah karena rasanya yang asam dan teksturnya yang
kental dirasa kurang disukai oleh konsumen. Hal ini menginspirasi kami untuk
membuat modifikasi yoghurt dari segi bentuk dan rasa agar lebih diterima di
berbagai kalangan dalam bentuk produk.
2.
DESKRIPSI
PERUSAHAAN (COMPANY DESCRIPTION)
Yoghurt Scrumy and Milk
Yoghurt adalah perusahaan pengolaan susu segar yang memiliki prospek yang
potensial di dalam menyediakan aneka hidangan makanan dan minuman berbahan
dasar susu berfermentasi yang ber alamat di Jl. Ravelsia Syafei, Jakarta.
visi perusahaan
secara umum adalah menjadi
perusahaan penghasil yoghurt yang memiliki kualitas terbaik yang dapat
meningkatkan kesehatan masyarakat. Misi
perusahaan adalah memperkenalkan yoghurt
sabagai minuman kesehatan dalam
memenuhi gizi masyarakat.
Tujuan usaha yaitu
Untuk meningkatkan kesejahteraan hidup keluarga yang penghasilannya berasal hanya
dari satu sumber saja, serta mengajak masyarakat untuk kembali hidup sehat
dengan menciptakkan produk yoghurt yang menarik.
3.
Produk
& jasa (service & produce)
Jenis produk yang
dibuat dalam usaha ini yang dibuat adalah berbagai macam produk olahan yoghurt
contohnya kue( scrumry) dan berbagai varian minuman serta ice cream
yoghurt. Yoghurt tersebut adalah bahan
pangan hasil fermentasi susu oleh bakteri asam laktat yang mempunyai flavor
khas, tekstur semi padat dan halus, kompak dengan rasa asam yang segar, di dalam usaha kami kualitas di nomor
satukan. Kami akan memegang prinsip kerja cepat dengan hasil yang memuaskan.
Sehingga konsumen akan tetap melirik usaha ini dan menjadi pelanggannya. Produk
kami terdiri dari 2 jenis olahan yaitu dengan kue scrumry yoghurt serta varian
rasa minuman yoghurt, berikut harga dari usaha olahan yoghurt ini :
Harga dari kue scrumry
yoghurt adalah Rp. 30.000 Sedangkan harga dari olahan minuman Yoghurt dengan ukuran
botol 250 ml seharga Rp. 6.000 dan 600
ml seharga Rp. 17.000 dengan desain label yang unik dan berbeda.
4.
ANALISA
PASAR (MARKET ANALYSIS)
Analisis
pasar yang dijalankan pada usaha yoghurt yaitu makanan dan minuman sehat kaya
akan gizi dengan mengkonsep olahan yoghurt yang modern berupa kue scrumy dan
berbagai macam varian rasa minuman yoghurt dengan harga yang terjangkau, rasa
yang lezat dan tampilan kemasan yang unik sehingga dapat menarik masyarakat
untuk membeli olahan yoghurt ini sehat bagi tubuh. Analisis lainnya dari usaha
ini dengan membuka toko yang berkelas modern bagi anak-anak, remaja bahkan
orang tua untuk dateng membeli olahan produk yoghurt.
Target usaha kami pada
umumnya konsumen dari adalah masyarakat yang sibuk bekerja
sehingga membutuhkan asupan
minuman kesehatan untuk mempertahankan dan
menjaga stamina tubuh.
Sedangkan positioning adalah penetapan posisi
pasar. Rinadya Yoghurt
memposisikan produknya sebagai minuman kesehatan
tanpa bahan pengawet
dengan harga yang
lebih terjangkau dan dapat
dikonsumsi ditengah kegiatan yang padat.
5. PESAING & BENCHMARKS
Untuk mengetahui
dukungan apa saja yang diperlukan agar pelanggan yang melakukan pembelian
terhadap produk yang ditawarkan. Dalam kondisi persaingan yang sangat ketat
seperti saat ini, pelanggan disuguhi berbagai macam produk dengan berbagai
macam keunggulan dan kelebihannya. informasi tersebut datang analis strategi pemasaran perlu mengetahui
motivasi dan perilaku pelanggan yang potensial, menentukan pasar akan ditawarkan kepada pelanggan. Strategi
pemasaran yang dibuat harus sudah mempertimbangkan besarnya permintaan (market demand) serta kondisi persaingan
yang ada pada masing masing segmen pasar yang akan ditargetka
6.
Rencana
Pemasaran atau startegi
Tujuan pemasaran
adalah untuk mengenalkan polahan produk makanan dan minuman
sehat kepada masyarakat, sehingga masyarakat tertarik dengan produk yang kami
pasarkan, dan nilai beli konsumen bisa tinggi, serta bertujuan untuk memenuhi
kebutuhan masyarakat akan minuman sehat.
Konsep pemasaran yaitu meliputi :
a.
Produk yang kami pasarkan adalah jenis
makanan dan minuman yang sehat, yang memiliki keunggulan dibandingkan minuman yogurt
lainnya.
b.
Tempat yang akan kami
jadikan lokasi pemasaran adalah sudah memiliki toko sendiri, dan usaha ini juga
berjualan dievent-event
c.
Harga yang kami tawarkan cukup
terjangkau, disesuaikan dengan kualitasmakanan dan minuman yang kami pasarkan.
d.
Promosi yang kami lakukan adalah dengan
membuat brosur melalui jejaring sosial seperti instagram dan lain-lain sehingga
bukan hanya orang terdekat kami saja yang mengetahuinya.
e.
Distribusi produk kami adalah melalui
penjualan di toko sendiri yang secara langsung masyarakat datang ke toko usaha kami dan acara
event-event agar masyarakat lebih cepat mengetahui produk kami.
7.
ORGANISASI
& MANAJEMEN
Untuk
menganalisis fungsi manajemen
usaha Yoghurt Scrumry, terdapat beberapa aspek
yang perlu dikaji,
antara lain aspek
perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan staf, dan aspek pengendalian.
1.
Perencanaan Saat ini
perusahaan belum memiliki
perencanaan tertulis baik
untuk jangka pendek, menengah,
maupun jangka panjang. Hal ini terlihat dari belum adanya pernyataan visi,
misi, dan tujuan perusahaan yang
dirumuskan secara tertulis, jelas,
dan spesifik. Meskipun
belum memiliki perencanaan
secara tersirat dalam hal
penetapan visi dan
misi, namun rinadya
yoghurt sudah memiliki perencanaan dalam
hal produk, distribusi
dan harga. Perencanaan “ Yoghurt Scrumry” seperti perencanaan
produk, perencanaan harga,
dan perencanaan distribusi semua
dilakukann oleh pemilik
bersama dengan keluarga. Pemilik perusahaan merupakan
orang yang sangat
berpengalaman dalam usaha produksi dan
pemasaran yoghurt. Hal
ini dikarenakan pemilik
pernah menekuni bidang yang
sama saat menjadi
sales yoghurt milik
tetangganya. Dalam proses perencanaan
kuantitas produk, pemilik perusahaan dapat merencanakan dan
menentukan kuantitas produk
yang diproduksi sesuai dengan jumlah permintaan produk setiap
harinya.
2.
Pengorganisasian Struktur organisasi
Yoghurt Scrumry posisi
manajemen puncak dipegang langsung oleh pemilik, dimana
pada posisi ini
pemilik bertanggung jawab
terhadap pengambilan
keputusan strategis yang
terkait dengan kelancaran
usaha dan sekaligus bertanggung
jawab terhadap bidang
pemasaran. Untuk bagian keuangan ditempati
oleh keluarga, dimana
pada posisi keluarga pemilik bertanggung jawab
terhadap pengelolaan keuangan
perusahaan mulai dari pembayaran upah
karyawan, persediaan bahan
baku, dan berbagai
hal yang terkait dengan
arus keluar masuk
keuangan perusahaan. Selain
bertanggung jawab dalam bidang
keuangan, keluarga pemilik juga
bertanggung jawab dalam proses produksi yoghurt
8. KEUANGAN
1.
Alokasi
dana
:
A.
Investasi alat :
Ruangan
steril Rp. 1.000.000 - Panci dan peralatan lain Rp. 500.000 - Kompor gas Rp.
240.000 - Incubator modifikasi Rp. 300.000 - Pengemasan Rp. 600.000 - Lemari
pendingin Rp. 1.200.000 Rp. 3.840.000
B.
Operasional produksi :
Pembelian
bahan baku susu selama 1 Minggu 7 x 20 x Rp.2000 = Rp. 280.000 - Pembelian
stater 1 kemasan / 10.000 Liter Yoghurt = Rp. 200.000 - Bahan penunjang /
essence = Rp. 30.000 - Bahan bakar( gas elpiji ) = Rp. 8.000 - Dana taktis =
Rp. 132.000 ————————+ Rp. 668.000 Prediksi keuntungan usaha ( per bulan / 30
hari )
C.
Biaya tetap :
Penyusutan
alat = Rp. 3.840.000 : ( 10 x 12 ) = Rp. 32.000 - Tenaga kerja = 2 x Rp.
250.000 = Rp. 750.000 Biaya tidak tetap : - Pembelian susu = 30 x 20 x Rp. 2000
= Rp.1.200.000 - Starter = Rp. 200.000 : ( 10.000 : 600) = Rp. 12.000 - Essense
= Rp. 30.000 - Gas elpiji + Listrik = Rp. 36.000 - Biaya taktis = Rp. 150.000 Total
biaya = Rp. 2.210.000 Penerimaan ( asumsi terjual 90 persen ) = 30 x 90 x Rp.
1000 = Rp. 2.700.000
D.
Total Keuntungan Per Tahun
= Total pendapatan – Total Modal
= Rp 31.812.000 – Rp
17.371.200
= Rp 14.440.800,-
E.
Keuntungan Investor
Jika Investor menanamkan modalnya
sebesar Rp 17.371.200,- (100% modal) dalam 1 tahun, maka investor akan
mendapatkan 65% dari total pendapatan yaitu Rp 20.677.800,
9. KESIMPULAN & SARAN
A.
Kesimpulan
Berdasarkan uraian di
atas dapat disimpulkan bahwa dalam memilih suatu usaha perlu mengetahui
terlebih dahulu berbagai macam hal yang berhubungan dengan usaha yang
didirikan. Seperti mengetahui peluang usaha, lokasi yang strategis, pemasaran
produk dan aspek-aspek lain yang berkenaan dengan pendirian usaha, sehingga
usaha yang akan dijalankan dapat berjalan dengan baik.Usaha Yoghurt Scrumry ini
merupakan suatu skala kecil yang dapat membantu menciptakan lapangan usaha
baru, sehingga mengurangi pengangguran. Usaha ini tidak memerlukan modal yang
cukup besar, namun memerlukan perencanaan yang matang.
B.
Saran
1.
Dalam mendirikan usaha sebaiknnya
dipersiapkan segala sesuatunya dengan matang dan tepat sehingga usaha yang
dijalankan dapat berjalan dengan baik.
2.
Dalam berwirausaha diperlukan keyakinan,
percaya diri, dan keuletan.
3.
Seorang wirausaha harus selalu kreatif
dan inofatif serta selalu mengikutitrend dan selera konsumen agar
pelanggan tidak mudah bosan.
4.
Tidak mudah menyerah menghadapi
berbagai hambatan dan masala
Tidak ada komentar:
Posting Komentar