Jumat, 21 Juni 2019

KEWIRAUSAHAAN RENCANA BISNIS (BUSINESS PLAN) USAHA DI BIDANG MAKANAN & MINUMAN YOGHURT" SCRUMRY AND MILK YOGHURT ” _SHIDIQ CATUR SAPUTRA_36415537_4ID11


KEWIRAUSAHAAN
( USAHA DIBIDANG MAKANAN & MINUMAN YOGHURT  YOGHURT SCRUMRY AND MILK YOGHURT ”)


Disusun Oleh :

NAMA                  : SHIDIQ CATUR SAPUTRA               
NPM                    : 36415537
KELAS                : 4ID11
DOSEN               : IBU YUGIARTI




JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
BEKASI
2019


 1.     RINGKASAN EKSEKUTIF (EXECUTIVE SUMMARY)
Berwirausaha saat ini telah menjadi gaya hidup bagi banyak diminati masyarakat.Tingkat keuntungan yang besar serta fleksibilitas waktu dalam bekerja merupakan hal-halyang diidamkan banyak orang. Beragam jenis usaha di coba banyak orang seperti pengolahan susu yang mempunyai peranan sangat penting sekali karena susu segar merupakan bahan pangan yang mudah sekali mengalami kerusakan, sehingga dengan adanya proses pengolahan maka daya simpan sisa menjadi lebih panjang. Selain itu pengolahan juga akan memperbanyak ragam bahan pangan, Salah satu adalah makanan atau minuman yang difermentasi dan baik bagi kesehatan berupa olahan yoghurt. Yogurt yang selama ini belum begitu populer di masyarakat ternyata dapat dijadikan alternatif jajanan sehat yang dapat dinikmati semua kalangan. Selain itu yogurt juga merupakan produk pangan fungsional yang mengandung komponen aktif yang mampu mencegah bahkan membantu menyembuhkan suatu penyakit tertentu serta untuk mencapai kesehatan tubuh yang optimal.
Konsumsi Yoghurt di Indonesia masih terbilang rendah karena rasanya yang asam dan teksturnya yang kental dirasa kurang disukai oleh konsumen. Hal ini menginspirasi kami untuk membuat modifikasi yoghurt dari segi bentuk dan rasa agar lebih diterima di berbagai kalangan dalam bentuk produk.

2.      DESKRIPSI PERUSAHAAN (COMPANY DESCRIPTION)
Yoghurt Scrumy and Milk Yoghurt adalah perusahaan pengolaan susu segar yang memiliki prospek yang potensial di dalam menyediakan aneka hidangan makanan dan minuman berbahan dasar susu berfermentasi yang ber alamat di Jl. Ravelsia Syafei, Jakarta.
visi  perusahaan  secara  umum adalah menjadi perusahaan penghasil yoghurt yang memiliki kualitas terbaik yang dapat meningkatkan kesehatan masyarakat. Misi   perusahaan   adalah   memperkenalkan   yoghurt   sabagai   minuman kesehatan  dalam  memenuhi  gizi  masyarakat. 
Tujuan usaha yaitu Untuk meningkatkan kesejahteraan hidup keluarga yang penghasilannya berasal hanya dari satu sumber saja, serta mengajak masyarakat untuk kembali hidup sehat dengan menciptakkan produk yoghurt yang menarik.

3.     Produk & jasa (service & produce)
Jenis produk yang dibuat dalam usaha ini yang dibuat adalah berbagai macam produk olahan yoghurt contohnya kue( scrumry) dan berbagai varian minuman serta ice cream yoghurt.  Yoghurt tersebut adalah bahan pangan hasil fermentasi susu oleh bakteri asam laktat yang mempunyai flavor khas, tekstur semi padat dan halus, kompak dengan rasa asam yang segar,  di dalam usaha kami kualitas di nomor satukan. Kami akan memegang prinsip kerja cepat dengan hasil yang memuaskan. Sehingga konsumen akan tetap melirik usaha ini dan menjadi pelanggannya. Produk kami terdiri dari 2 jenis olahan yaitu dengan kue scrumry yoghurt serta varian rasa minuman yoghurt, berikut harga dari usaha olahan yoghurt ini :
Harga dari kue scrumry yoghurt adalah Rp. 30.000 Sedangkan harga dari olahan minuman Yoghurt dengan ukuran  botol 250 ml seharga Rp. 6.000 dan 600 ml seharga Rp. 17.000 dengan desain label yang unik dan berbeda.

4.            ANALISA PASAR (MARKET ANALYSIS)
Analisis pasar yang dijalankan pada usaha yoghurt yaitu makanan dan minuman sehat kaya akan gizi dengan mengkonsep olahan yoghurt yang modern berupa kue scrumy dan berbagai macam varian rasa minuman yoghurt dengan harga yang terjangkau, rasa yang lezat dan tampilan kemasan yang unik sehingga dapat menarik masyarakat untuk membeli olahan yoghurt ini sehat bagi tubuh. Analisis lainnya dari usaha ini dengan membuka toko yang berkelas modern bagi anak-anak, remaja bahkan orang tua untuk dateng membeli olahan produk yoghurt.
Target usaha kami pada umumnya konsumen dari adalah masyarakat yang sibuk   bekerja   sehingga   membutuhkan   asupan   minuman   kesehatan   untuk mempertahankan  dan  menjaga  stamina  tubuh.  Sedangkan  positioning  adalah penetapan   posisi   pasar.   Rinadya   Yoghurt   memposisikan   produknya   sebagai minuman  kesehatan    tanpa  bahan  pengawet  dengan  harga  yang  lebih  terjangkau dan dapat dikonsumsi ditengah kegiatan yang padat.

5.      PESAING & BENCHMARKS
Untuk mengetahui dukungan apa saja yang diperlukan agar pelanggan yang melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan. Dalam kondisi persaingan yang sangat ketat seperti saat ini, pelanggan disuguhi berbagai macam produk dengan berbagai macam keunggulan dan kelebihannya. informasi tersebut datang  analis strategi pemasaran perlu mengetahui motivasi dan perilaku pelanggan yang potensial, menentukan pasar  akan ditawarkan kepada pelanggan. Strategi pemasaran yang dibuat harus sudah mempertimbangkan besarnya permintaan (market demand) serta kondisi persaingan yang ada pada masing masing segmen pasar yang akan ditargetka

6.     Rencana Pemasaran atau startegi
Tujuan pemasaran adalah untuk mengenalkan polahan produk makanan dan minuman sehat kepada masyarakat, sehingga masyarakat tertarik dengan produk yang kami pasarkan, dan nilai beli konsumen bisa tinggi, serta bertujuan untuk memenuhi  kebutuhan masyarakat akan minuman sehat.
Konsep pemasaran yaitu meliputi :
a.       Produk yang kami pasarkan adalah jenis makanan dan minuman yang sehat, yang memiliki keunggulan dibandingkan minuman yogurt lainnya.
b.        Tempat yang akan kami jadikan lokasi pemasaran adalah sudah memiliki toko sendiri, dan usaha ini juga berjualan dievent-event
c.       Harga yang kami tawarkan cukup terjangkau, disesuaikan dengan kualitasmakanan dan minuman yang kami pasarkan.
d.      Promosi yang kami lakukan adalah dengan membuat brosur melalui jejaring sosial seperti instagram dan lain-lain sehingga bukan hanya orang terdekat kami saja yang mengetahuinya.
e.       Distribusi produk kami adalah melalui penjualan di toko sendiri yang secara langsung  masyarakat datang ke toko usaha kami dan acara event-event agar masyarakat lebih cepat mengetahui produk kami.

7.     ORGANISASI & MANAJEMEN
Untuk  menganalisis  fungsi  manajemen  usaha  Yoghurt Scrumry,  terdapat beberapa     aspek     yang     perlu     dikaji,     antara     lain     aspek     perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan staf, dan aspek pengendalian.
1.      Perencanaan Saat  ini  perusahaan  belum  memiliki  perencanaan  tertulis  baik  untuk  jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang. Hal ini terlihat dari belum adanya pernyataan visi, misi, dan tujuan perusahaan  yang dirumuskan secara tertulis, jelas,  dan  spesifik.  Meskipun  belum  memiliki  perencanaan  secara  tersirat dalam  hal  penetapan  visi  dan  misi,  namun  rinadya  yoghurt  sudah  memiliki perencanaan  dalam  hal  produk,  distribusi  dan  harga.  Perencanaan “ Yoghurt Scrumry”  seperti  perencanaan  produk,  perencanaan  harga,  dan  perencanaan distribusi  semua  dilakukann  oleh  pemilik  bersama  dengan keluarga.  Pemilik perusahaan   merupakan   orang   yang   sangat   berpengalaman   dalam   usaha produksi   dan   pemasaran   yoghurt.   Hal   ini   dikarenakan   pemilik   pernah menekuni  bidang  yang  sama  saat  menjadi  sales  yoghurt  milik  tetangganya. Dalam   proses   perencanaan   kuantitas   produk,   pemilik perusahaan   dapat merencanakan  dan  menentukan  kuantitas  produk   yang  diproduksi  sesuai dengan jumlah permintaan produk setiap harinya.
2.      Pengorganisasian Struktur  organisasi  Yoghurt Scrumry posisi   manajemen   puncak   dipegang langsung   oleh pemilik,   dimana   pada   posisi   ini   pemilik   bertanggung   jawab   terhadap pengambilan  keputusan  strategis  yang  terkait  dengan  kelancaran  usaha  dan sekaligus   bertanggung   jawab   terhadap   bidang   pemasaran.   Untuk   bagian keuangan  ditempati  oleh  keluarga,  dimana  pada posisi  keluarga pemilik bertanggung  jawab  terhadap  pengelolaan  keuangan  perusahaan  mulai  dari pembayaran  upah  karyawan,  persediaan  bahan  baku,    dan  berbagai  hal  yang terkait  dengan  arus  keluar  masuk  keuangan  perusahaan.  Selain  bertanggung jawab  dalam  bidang  keuangan,  keluarga pemilik  juga  bertanggung  jawab  dalam proses produksi yoghurt

8.     KEUANGAN
1.      Alokasi dana :
A.    Investasi alat :
Ruangan steril Rp. 1.000.000 - Panci dan peralatan lain Rp. 500.000 - Kompor gas Rp. 240.000 - Incubator modifikasi Rp. 300.000 - Pengemasan Rp. 600.000 - Lemari pendingin Rp. 1.200.000 Rp. 3.840.000
B.     Operasional produksi :
Pembelian bahan baku susu selama 1 Minggu 7 x 20 x Rp.2000 = Rp. 280.000 - Pembelian stater 1 kemasan / 10.000 Liter Yoghurt = Rp. 200.000 - Bahan penunjang / essence = Rp. 30.000 - Bahan bakar( gas elpiji ) = Rp. 8.000 - Dana taktis = Rp. 132.000 ————————+ Rp. 668.000 Prediksi keuntungan usaha ( per bulan / 30 hari )
C.     Biaya tetap :
Penyusutan alat = Rp. 3.840.000 : ( 10 x 12 ) = Rp. 32.000 - Tenaga kerja = 2 x Rp. 250.000 = Rp. 750.000 Biaya tidak tetap : - Pembelian susu = 30 x 20 x Rp. 2000 = Rp.1.200.000 - Starter = Rp. 200.000 : ( 10.000 : 600) = Rp. 12.000 - Essense = Rp. 30.000 - Gas elpiji + Listrik = Rp. 36.000 - Biaya taktis = Rp. 150.000 Total biaya = Rp. 2.210.000 Penerimaan ( asumsi terjual 90 persen ) = 30 x 90 x Rp. 1000 = Rp. 2.700.000
D.     Total Keuntungan Per Tahun
= Total pendapatan – Total Modal
= Rp 31.812.000 – Rp 17.371.200                                                          
= Rp 14.440.800,-
E.     Keuntungan Investor
Jika Investor menanamkan modalnya sebesar Rp 17.371.200,- (100% modal) dalam 1 tahun, maka investor akan mendapatkan 65% dari total pendapatan yaitu Rp 20.677.800,

9.     KESIMPULAN & SARAN
A.    Kesimpulan
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa dalam memilih suatu usaha perlu mengetahui terlebih dahulu berbagai macam hal yang berhubungan dengan usaha yang didirikan. Seperti mengetahui peluang usaha, lokasi yang strategis, pemasaran produk dan aspek-aspek lain yang berkenaan dengan pendirian usaha, sehingga usaha yang akan dijalankan dapat berjalan dengan baik.Usaha Yoghurt Scrumry ini merupakan suatu skala kecil yang dapat membantu menciptakan lapangan usaha baru, sehingga mengurangi pengangguran. Usaha ini tidak memerlukan modal yang cukup besar, namun memerlukan perencanaan yang matang.
B.     Saran
1.      Dalam mendirikan usaha sebaiknnya dipersiapkan segala sesuatunya dengan matang dan tepat sehingga usaha yang dijalankan dapat berjalan dengan baik.
2.      Dalam berwirausaha diperlukan keyakinan, percaya diri, dan keuletan.
3.      Seorang wirausaha harus selalu kreatif dan inofatif serta selalu mengikutitrend dan selera konsumen agar pelanggan tidak mudah bosan.
4.       Tidak mudah menyerah menghadapi berbagai hambatan dan masala






Tidak ada komentar:

Posting Komentar